Perjalanan Jakarta – MT. Merbabu

Sabana 1 - 001
Take by Rosyid Nur Arif

Selamat pagi adver, kali ini gue mau ceritain tentang perjalanan gue tanggal 15 sampai dengan 18 Agustus 2019 sesuai judul di atas yaitu perjalanan gue dari Jakarta ke MT. Merbabu . Perjalanan kali ini bukan gue yang adain atau gue yang ngajakin. Melainkan gue yang pengen banget diajak…Hahaha. Udah lama juga ga nanjak yang tinggi-tinggi. Yuk seruput kopi sambil gue ceritain!

17 Juli 2019, Temen gue namaya Rosyid atau sebut ajah dia “Bunga”… Hahaha (Jangan nanti anaknya ngambek). Dia Up date di InstaStory IG tentang perencanaannya ke Gunung Merbabu. Tanpa Mikir panjang gue langsung koment “Ikutttt!”. Karena rencana perjalanan dilakukan bukan cuma dia doang, ada temen2nya juga. Dia harus ijin dulu ke teman lainnya buat ngajak gue. Sedangkan gue yang dari 4 tahun 11 bulan lalu ga pernah cuti buat nge-bolang, gue berencana ijin dulu ke Manager gue terlebih dahulu. Buat ijin doang ajah gue kudu punya kekuatan hati, pikiran dan raga buat nerima pernyataan Manager gue yang kadang diluar nalar gue. Biar gimana pun pasal 1 ya guys “Manager selalu benar”. Dan Alhamdulillah Ijin gue diterima dan ocit infoin kalo temen2nya juga oke-in kalo gue ikut. Fix ga jajan banyak2 di bulan Agustus ini.

Untuk pencarian transportasi, sebenernya kita mau naik kereta Jakarta – Solo, Tapi tiket yang murah udah sold out semua sisa bakwan… haha (maap belum sarapan) sisa yang kurang lebih harganya Rp.250.000,-. Menurut gue ga worthed ajah kalo kita bayar semahal itu buat ke Solo. Kita kan harus perhitungkan biaya akomodasi lainnya. Tapi inti dari semua ini adalah gue pengen Happy dengan budget “Murah tapi ga mahal” hahaha. Kita memutuskan untuk naik bus ke Solo, bukan kita tapi mereka. Ocit yang nyari tiket bus yang paling murah (permintaan gue). Kita akhirnya Ber-5 yaitu Gue, Ocit, Ichal, Okta dan Satria. Gue, Ocit dan Ichal naik dari Pal Depok Bus PO. Tunggal Daya dengan harga Rp.130.000,- tujuan Terminal Boyolali. Sedangkan 2 orang lagi yaitu Okta dan Satria naik Bus PO. Rosalia Indah dari tangerang ke Boyolali karena Mereka berdua tinggal di Tangerang.

15 Agustus 2019, Berangkat pukul 11.30 Wib dari Cijantung turun di Gongseng dengan Mobil 09 warna merah. Setelah itu naik mobil 112 dari Gongseng ke Pal Depok. Gue tiba di Pal pukul 11.45 Wib. Seriusan panas bangetttt cuacanya, ga ada bus dan ga ada 2 orang anak itu. Dan gue yakin sangat amat yakin kalo gue dikerjain sama ocit. Soalnya dia info ke gue kalo Jam 12.00 Wib bis-nya. Gue langsung mampir ke AW Mall depan Bis yang akan jemput. 1 Jam gue nunggu mereka “untung temen luh cit!!” kalo bukan temen gue udah amukk. hahaha

Pukul 12.35 Wib, akhirnya datang juga 2 anak tersebut. Mereka berdua langsung tukar tiket bus lalu solat, sedangkan gue jagain carriel dengan maksud gantian solat. Diluar dugaan bis datang pukul 12.50 Wib dan akan bergegas langsung otw. Nah lohhh gue belum solat…..?? Pesan buat kalian dan aku pribadi kalo emang udah denger suara Adzan bergegas solat, jangan seperti gue bikin perjalanan jadi gelisah ga tenang efek belum Solat.

Perjalanan dimulai :

Gue lupa nomor kursi bis gue berapa tapi yang jelas gue duduk di dekat Jendela samping kiri Ocit letaknya ga terlalu tengah tapi lebih depan sedikit dari tengah2 sedangkan Ichal di belakang gue.. hayo jangan mikirin kita bertiga ada dmn, yang penting kita udah naik bis…

Gue ga bisa jelasin apa-apa selama diperjalanan ya guys, secara gue sepanjang jalan ngobrol sama ocit, kalo ga di ajak ngobrol gue pasti tidur. hahaha

Banyak yang di obrolin, setidaknya gue jadi lebih tau temen gue yang ngeselin ini lagi. Yang bikin gue kaget, gue baru tahu kalo dia pernah kecelekaan motor (teman macam apa gue?) kabar baiknya kondisi dengkul yangbparah itu udah membaik. Semoga dia kuat ya… Aamiin

Istirahat terakhir cuma pas Sholat Magrib di peristirahatan daerah brebes deh kalo ga salah…. Maap ga informatip banget dahh gue… hehe

Bangun tidur lagi – Bangun tidur lagi begitu ajah aktivitas kita diperjalanan menuju Terminal Boyolali, Solo. tibalah kita pukul 24.00 Wib di terminal tersebut. Sambil menunggu Okta dan satria datang dengan bis Rosalia, kita istirahat di sebuah warung. Ocit & Ichal nunggu sambil ngopi, kalo gue ngeliatin ngopi.

16 Agustus 2019,

Yang kalian ketahui kalau sesama pendaki udah ketemu, itu bagai saudara karib. Ocit & Ichal ngobrol dengan 7 orang pendaki lain, kita akan naik 1 mobil losbak terbuka 7 orang dr mereka dan 5 orang dari kita dengan harga Rp.25.000,-/orang. Berarti kita ber-10 masih nunggu Okta & Satria.

“Udah lewat dari Jam 12, Selamat ulang tahun trong,,,!” terucap dari mulut ocit sekaligus dengan beberapa do’a. Ya, dia yang pertama kali ngucapin ke Gue. Perasaan gue yang pasti bahagia, meskipun gue nanjak karena menghindari ucapan ulang tahun dari teman2 gue yang lain.

Thank you so much more Ocit, meskipun elo adalah cowo paling nyebelin, tapi lo lumayan baik sama gue. Makasih udah bolehin gue ikut pendakian yang selama ini gue impikan. hehe

Ratusan menit berlalu, jarum jam pun sudah berpindah satu langkah. Mereka ber-2 belum juga muncul. Ocit ngajak gue beli makan di angkringan depan. Habis makan, habis mereka ngerokok, habis ke toilet, habis di tata semua carriel di mobil, untung kesabaran kita belum habis… hahaha Pukul 02.00 Wib Mereka ber-2 tiba dan kita berancutttt !!

Tidak jauh dari terminal kita berhenti di sebuah warung untuk membeli beras, tapi di warung hanya jual beras 5kg-an. Lah kita buat apaan 5kg?? Kita lanjut perjalanan menuju Pasar Sayur Cipogo. Namanya juga pasar sayur, pastinya kita disini ga nyari beras. Gue stay di Mobil, sedangkan mereka ber-4 belanja sayur buat nge-sop. Eng Ing Engg sumpah mereka bawa banyak banget keperluan Sop dsb, cuma ngeluarin duit Rp.15.000,-.

Kamshahamnida pak supir yang baik hati udah ajak kita kesini. Hayuk buat generasi milenial yang mau bisnis sayur, recomended banget pasar ini buat belanja kalian. Mari kita lancutthh berancuttt!!!

Woooowww kanan kiri gelap, gak ada view sama sekali, semakin dekat dengan Basecamp, semakin curam tanjakan yang dilalui, semakin dingin pula udara yang menembus Jacket hingga ke tulang. 50 Meter dari pos masuk basecamp mobil ga bisa naik karena terlalu curam atau bisa dibilang pak supirnya ga pas ngoper giginya sambil nge-gas. Pada akhirnya semua turun dari mobil lalu jalan kaki nanjak kecuali gue dan supir. Bukannya gimana2 ya guys, tapi gue ada disamping pak supir jadi rada ribet turun musti buka tutup pintu, tapi ocit yang di samping gue ikut keluar juga jalan. Perasaan gue pengen keluar bareng mereka, tapi kata supirnya “gapapa mba ga usah turun!” so, gue stay sambil merasa gimana gituh sama yang lain… hahaha

Mereka 2 kali turun, dan pada akhirnya lolos tanjakan curam dari pos ke basecamp yang kita akan beristirahat.

Sampaiiii, basecamp rame banget, kedatangan kita ber-12 membuat basecamp penuh. Bersih2 muka, gue & ocit langsung tidur karena udara dingin banget, kalo yang laen diluar entah lagi ngapain.

Pulessssss……

“Bangun-bangun udah siang langitnya bagus banget di luar!!” Ichal bangun-in kita semua. Kalo gue pas membuka mata melirik arah jendela melihat langit berwarna merah ke’emasan, langsung bangkit dari tidur gue, ambil handphone lalu menghampiri untuk ambil gambar. Sedang kan ocit, aghhhh boro2 mata melek, muka ajah masih ajah ditutupin Sleeping Bag.

Gak mau mandi, soalnya dingin parahh, gosok gigi ajah mau kumur ngilu. Kita packing ulang kembali carriel masing-masing, sedangkan Ichal melengkapi logistic yang kurang. Pokoknya dia bapak rumah tangga di gununglah. Pesen sarapan Nasi putih pake Tempe orek, tumis kacang panjang, telur ceplok dan kerupuk. Minumnya Teh manis anget. Buat Okta & Satria mau makan selalu ribet dengan kecap (doyan kecap dia!) terutama satria…Anehhh sii, tapi ya disitulah abstraknya..hahaha

Setelah makan kita langsung ke pos untuk mulai pendakian. Kondisi pos rame dengan pendaki yang lagi ngantri nunggu ngurus perijinan simaksi. Kurang lebih 1 jam menunggu, Ichal yang mengurus perijinan di pos, sedangkan kita ber-4 nunggu di warung sambil melihat pendaki terus berdatangan.

Pukul 08.30 Wib kita breefing di pandu dengan salah satu panitia, informasi apa ajah si yang di dapet dari breefing tersebut?? check it out!

  1. Kalian harus lengkap bawa perlengkapan pribadi seperti Sleeping Bag, Jacket, sepatu Gunung, headlamp dsb
  2. Kalo kalian ga pake sepatu gunung atau hanya sepatu olahraga, sangat di anjurkan buat menyewa yak, karena tracknya sadiiisss dan berdebu pas kita kesana. (pelaku utama gue, tapi gue maksa pake sepatu olahraga gue Jangan di tiru yak!!!)
  3. Kalo perlengkapan pribadi ada yang ga lengkap, dengan amat terpaksa harus nyewa ya guys kaya kita, karena gue ga bawa headlamp dan ichal ga bawa sleeping bag.
  4. Ga boleh bawa tissue basah ya guys
  5. Jangan deket-deket sama bunga edelwais, Jarak maks 2 meterlah yah

Masih banyak yang disampaikan, tapi cukup itu yang gue tangkep dari semuanya….

Setelah itu sewa sleeping bag dan head lamp Rp.60.000,- simaksi bayar kurang lebih Rp. 20.000,-. Berancuuuuttt!!

Entah kenapa baru beberapa langkah, dada gue sesak, punggung gue sakit dan gue ngerasa ada yang salah. Beberapa kali gue berhenti buat ngatur nafas dan benerin carriel. Apa gue salah packing?? I don’t know? tapi gue sakit banget pake carriel itu. Merknya Consina ga tau type apa?. Padahal isinya cuma 2 Air Mineral 1,5 liter dan barang2 pribadi gue yg ga banyak. Sedangkan cemilan udah gue pindahin ke carriel ocit.

Setelah beberapa kali gue berhenti, gue ga sanggup bawa carriel itu. Dan Alhamdulillah Satria bersedia tukeran Carriel. Ahhhh baikkk banget nih anak, Gue pake eiger-nya pas baru mau make beratttt, tapi pas udah nempel di punggung gue, enteng parah ga boong. Setelah itu gue meluncurr pesat dan gantian dia terlihat terngeos-ngeos pake carriel gue. Maapkeun yak 😦

Perjalanan kali ini gue lebih suka take video selama perjalanan dan lebih sedikit photo. Tapi tenang Merbabu tetep indah di hati pemirsa sekalian…hahaha

Setiap pos yang kita singgahi itu adalah nafas terbaik kita, karena disitu kita bisa beristirahat lama, menenangkan detak jantung yang berdegup kencang, menghela nafas panjang yang mulai terengah-engah.

Sinar matahari yang membuat langkah kita lebih mudah berkeringat, Angin bernafas menghantar dingin yang menyejukan tubuh kita. Debu yang berterbangan kadang kala menutupi jarak pandang kita.

Lelah yang gue alami disini adalah kebahagiaan yang mendasar, bagai menjemput mimpi yang selama ini tak sempat gue gapai. Seperti membayar janji yang tak terbayar, seperti menghantar rindu menuju titik temu. Saat pendakianlah dimana gue bisa sejenak mengehentikan semua, memberi ruang pada hati untuk mencintai diri gue sendiri. Yang gue ga bisa lupakan adalah kasur … hahaha

Semakin panjang perjalanan yang kita sudah lalui, semakin curam cobaan yang kita hadapin. Gue perhatiin ocit yang sepanjang perjalanan sedikit lebih diem, ahhh gue mau nangis kalo liat dia. Karena gue takut dia sakit tapi ga ngomong-ngomong ke kita.

Sekalinya bercanda ujung2nya curhat. Haha

“Trong, gue ga kuat deh, gue sampe sabana 1, lu gimana??” ocit nanya gitu ke gue selagi istirahat di bawah pohon edelwais. Gue terpaku diam sejenak sambil liat muka dia yang kelelahan banget. Hati gue sedikit sedih, gue takut dia sakit kakinya, (tapi emang lg sakit) tapi gue ga akan bilang iya sampe sabana 1 ajah, karena gue masih menanti segala kemungkinan yang baik datang setelah sampai di sabana 1 nanti. Karena gue ga bisa rasain apa yang dirasain kakinya, gue cuma bisa bilang “pengennya sih lanjut, tapi nanti kita liat ajah disana!” Ahhh adver perasaan itu ga bisa gue ungkapin, gue sedih sesedihnya, mata gue berkaca-kaca. Rasanya sama seperti takut sahabat gue aline sakit, pas gue tau dia sakit ga boleh ini, ga boleh itu dan ga boleh sebagainya.

Dengan segala macam cara gue meyakinkan hati gue “Ocit pasti bisa!” gue percaya itu. God, please help ocit 😥

Seperti pendaki cowok kebanyakan yak, ada cewek bening dikit lewat dan istirahat mata ga kedip, mulut bisik2, kalo kepala bisa muter 360 drajat pasti mereka bahagia sambil sujud syukur…hahaha

Ya udah yuk kita lanjut berancuttt!

Naik naik ke puncak gunung, tinggi tinggi sekali…🎶🎶 Nanjak terusss sampe kepala keliyengan belum makan siang.

Yeayyyyy, Akhirnya sampai juga di kebun Edelwais Sabana 1, Alhamdulillah… kebetulan banget tempat yang kita akan dirikan Camp ituh bagus banget viewnya, berasa ada di padang rumput, kebun edelwais, view Gunung merapi yang berdiri gagah perkasa, Puncak Merbabu yang Tampak hijau gagah berdiri. Masya Allah…

 

Rasa lelah hilang dalam sekejap terbayar lunas tuntas. Langsung lepas carriel dan semua mengepersikan kebahagiaannya dengan cara masing- masing. Mata ocit berkaca-kaca, dan gue sangat bahagia melihat dia sangat amat bahagia. Meskipun dia masih ajah nyebelin minta photoin berkali2, pas gue minta photo di kasih cma beberapa kali…. Malessin amattt …

Tapi tenang ada yang bersedia motoin gue, dde emes Okta. Photographer andalan yang akan menjadi handal.

Satu hal yang gue pelajari dari pendakian kali ini, bukan puncak alasan gue untuk mendaki, bukan karena masalah yang gue hadapi, hingga gue datang kemari, Allah mengijinkan dan merestui gue sampai di titik ini adalah seperti menunjukkan ke gue bahwa gue sangat kecil dan betapa gue sangat amat mudah untuk bahagia saat melihat kebesarannya. Kenapa gue terus merasa kesulitan?? Bersyukurlah…

Setelah batrai Hp gue abis, gue bantuin yang laen buat mendirikan tenda. Matahari mulai tenggelam, memantulkan cahaya ke’emasan. Sungguh indah, tapi gue masih sibuk dengan tenda yang masih saja belum terpasang.

Kita pasang 2 tenda, satu kapasitas 4 orang dan yang satunya 2 orang. Yang pasti gue satu tenda sama ocit, dan gue minta supaya ber-3 sama ichal juga, kalo Satria & okta di tenda kapasitas 2 orang.

Pesan buat kalian pendaki muslimah, biar gimana pun berkhalawat dengan laki-laki itu ga baik, jadi kalo bisa kita mendaki ajak temen cewek lainnya yak. Kalo ga ada temen cewe, cari barengan temen yang dapat di percaya ya. Harus pintar jaga diri jg… Tapi Insya Allah temen2 baru gue ini baik2 termasuk ocit, gue anggapnya adik2 gue. karena Emang gue paling tua dari yang laen. hahaha

Ternyata berdasarkan umur, gue emang udah tua dari mereka… 😦

Tenda terpasang, langit mulai gelap kita bergegas masuk tenda langsung menggunakan sleeping bag, karena udara semakin dingin diluar. Sedangkan ichal bapak rumah tangga kita sibuk masak buat anak-anaknya alias kita2 diluar. aihhh antara tega ga tega sama ichal nahan dingin diluar cuma buat kita yang takut dingin. Pokoknya tengkyu berat ya chal… without you, we’re hungry (betul ga sih bahasa inggrisnya??).

Ichal Masak nasi + sayur sop, rasanya enak, hangat dan Alhamdulillah jadi kenyang. Owh iya ga lupa makan puding buatan temen kantor gue Mba uci. Setelah makan ocit masak air buat bikinin kita kopi dan coklat bengbeng. “Gue kira lu abis makan tidur cit!” hahaha

Setelah selesai semua kita bergegas tidur. Sedangkan Okta sibuk diluar photo view malam bertaburan bintang. Tapi hasil photonya Masya Allah indah malam itu.

Owh iya gue memutuskan untuk ga muncak ngejar sunrise temenin ocit. sedangkan Satria dan okta bertekat bulat Summit Jam 5 Pagi. Kalo Ichal masih tentatif antara niat muncak atau stay kaya gue dan ocit.

17 Agustus 2019

Jam setengah 2 pagi, gue kebelet buang air kecil. sebenernya gue udah usaha tahan, tapi ga bisa. “Cit cit cit, gue kebelet pipis, anterin si!” gue bisik2 sambil koyak2 badannya. 5 kali gue ulangin dia masih ajah ga bangun. Sumpah nih anak kebo banget, ga ada memperlakukan gue kaya cewek. Orang mah nyawut kek,,,disaat begini nih gue merasa sedih. Gue takut gelap si cit, udah dingin, kebelet kencing, diluar sepiii cuma ada suara angin. Gue ga bisa nunggu ocit, masalahnya udah di ujung. Gue langsung keluar sendiri tanpa lampu, ngeraba-raba jalan menjauhi tenda2. Pokoknya dibilang ga takut tapi takut, dibilang takut ya beneran takut. Pokoknya guee keseeeeeelllll sama ocit.

Pukul 04.30 wib, Satria masuk tenda bangunin ichal buat ngajak summit. Tapi ichal masih capek katanya. So, yang summit hanya satria dan okta. Hadeuuhh, ada rasa khawatir gitu gue sama mereka. Mungkin karena kita nanjak ber-5 dan mereka ber-2 akan summit dengan track yang curam banget dan berpasir. Tapi gue yakin mereka ber-2 akan sampai puncak dan baik2 ajah (Jiwa muda).

“Trong, trong bangun lu.. katanya mau liat sunrise… kesiangan bego ini!” ocit uring2an pokoknya banyak kata yang di ucapin intinya kesel ga bisa photo sunrise. Lucu sii ngeliatnya, gue bayanginnya ajah ketawa lagi. Sumpah kaya anak kecil terlambat upacara Senin. Gue bergegas keluar langsung lari ke atas bukit sendirian, sepi, ga ada orang sama sekali.

Fitri, gue bersusah payah naik kesini supaya elo bahagia. Jadi teruslah berbahagia, hari ulang tahun kemarin sudah berakhir, kini lo akan menuju umur 29 kelak. Jika tak ingin mendengarkan doa dari orang lain. Berdoalah untuk diri lo sendiri, tidak ada hal yang lebih menyedihkan ketika semua tidak sesuai dengan rencana lo. Gantungkan harapan lo pada-Nya, karena Allah telah menentukan semuanya. Sedikit lebih ikhlas dan bersabar, semoga lo dan orang sekitar lo lebih bahagia. Fitri, cintai diri lo sendiri, Jatuh cinta dulu pada diri lo sendiri, agar lo dapat menghargai diri lo sendiri. Selamat ulang tahun Fitri!! -Suara hati gue untuk diri gue

Indah banget, gue menikmati setiap lekuk keindahan yang tersembunyi disini. Gue bersyukur gue masih diberikan kesempatan untuk menikmati semua ini. Dikasih ijin sama mama untuk pergi kesini itu juga Alhamdulillah. Boleh ga si sehari lagi nginep disini??

Gue liat ocit di bawah lagi photo2 view, gue teriak sambil melambaikan tangan “ocitttt!” dia denger dan liat gue. tapi dia cuekin gue.. kampretttt!! ga tau apa liat view disini lebih indah dari di bawah. Ga asikkk banget!!

Gue turun terus ajak ocit ke atas bukit tadi, sedikit maksa mau photo sama matahari. Norak ga si?? tapi gue suka gimana dong?? Photo dia tetep banyak dan gue cuma 2 kali dia photoin. sakit ga berdarah gue!!

Gue kembali lagi ke tenda buat packing, setelah itu gue keluar menghampiri ocit yg lagi ngerokok sambil menikmati hangatnya sang mentari, melihat pendaki lain yang sedang berusaha mengabadikan view dengan berbagai cara agar instagrambel gitu…

Matahari semakin meninggi, terik dan terang benderang, menandakan waktunya kembali untuk pulang. Sambil menunggu, photo-photo, ngobrol, curhat dan apapun itu yang dapat menyelamatkan waktu kita menunggu 2 orang anak yang lagi muncak. Sedangkan bapak rumah tangga mulai masak untuk kita. So sweet ga tuh.. ?? tidak lama kemudian Okta dan Satria tiba dengan membawa berjuta cerita pengalamannya setelah muncak, selama perjalanan dan sebagainya. Inti dari ceritanya, mereka bahagia sudah menyelesaikan sampai puncak MT. Merbabu tanggal 17 Agustu 2019 dan berkesempatan untuk ikut upacara di atas sana. Kalo gue sebagai pendengar ikut turut dan patut ikut bahagia denger ceritanya. Asik sih bisa dengerin pengalaman yang baru ajah terjadi, masih anget-angetnya di pikiran mereka. Next, kalo ada kesempatan gue mau nanjak lagi tapi sampai puncak. Aamiin. Kalo ga kita bikin trip bareng kuy adver biar saling kenal…gimana, gimana, gimana?? ya udah nanti kita omongin dibelakang sambil ngopi… 🙂 sambil mandang sunset biar makin syahdu…

Setelah makan, kita packing-packing, lepas tenda, bersih-bersih tanah sekitar kita dari sampah. Dan ga lupa mengabadikan photo bareng sebelum meninggalkan tempat yang indah ini. Setidaknya sebagai bukti bahwa kita pernah berjuang bersama-bersama untuk kebahagiaan bersama. hehehe….

Markipulll adver…

Turun gunung adalah PR para pendaki setelah menikmati hasil dari perjuangan. Mungkin sangat sulit dan berat hati untuk meninggalkan keindahan ini. Tapi tetep!! inget masih ada kewajiban-kewajiban yang harus dikerjakan diluar sana dan ada keluarga yang masih tetap stay menunggu kita pulang di rumah. Kangennnnnn kasur, ga mau lama disini karena dingin…hihhi

Nanjak Ekstrim dan turun pasti harus lebih hati-hati karena turunan yang terjal. Pijakan kaki dengan kemiringan hingga 85 drajat, batu yang berdebu dan berkerikil juga membuat kita kadang tergelincir. Disini gue yang paling sering tergelincir karena sepatu gue bukan sepatu gunung. Coba bayangin betapa usahanya gue nahan kaki gue, menata langkah gue, menguatkan pijakan gue agar tidak tergelincir. Boro-boro lari, bisa ngelangkah turun dengan selamat ajah udah syukur alhamdulillah. Sesampai di pertigaan turunan yang terjal, dengan kondisi kaki ocit yang mengkhawatirkan dan dengan kondisi sepatu gue yang ga memungkinkan lewat jalur cepat. Gue dan ocit diarahkan untuk lewat jalur yang lebih memutar dan sedikit lebih lebih landai walaupun masih tetap licin berpasir dan berkrikil tapi ngantrinya luar biasah.

Ocit mastiin gue bisa atau enggak untuk jalan turun yang dilewatin Ichal, Okta dan Satria. Gue pun yakin gue pasti bisa walaupun beresiko tinggi (Jangan nekad kaya gue ya adver, ga baik!!). Nengok ke bawah mengintip sebentar ajah mau muntah, tapi apa daya memang itu harus kita lewati. Langkah demi langkah, ocit turun duluan untuk tetap stay jaga gue. Mungkin bagian ini yang terberat bagi gue dalam perjalanan ini. Kaki gue gemeteran setiap kali melangkah, begitu curamnya track membuat gue hampir putus asa. Ocit yang juga bersusah payah turun dengan kondisinya, tetep khawatirin gue, nunggu gue dan bantu gue turun. Aghhhh, bukan ge-er atau kepe-dean tapi serius temen gue yang super nyebelin itu, disaat itu buat gue terharu. Tengkyu Ocittt,,,! Tengkyu juga buat om-om yang sabar ngantri nunggu gue yang melangkah ajah itu sulit. Bantu gue dengan tracking pool dan arahan langkah demi langkah yang menandakan kalian itu care. (Atau karena dia ga sabar nunggu gue kelamaan jalannya… hahaha – I don’t care, must positive thinking).

Gue sedikit kecewa karena ketiga temen yang laen duluan ninggalin kita berdua. Tapi setelah gue pikir-pikir terlalu egois kalo gue berharap mereka care sama ocit dan gue. Karena mereka juga harus peduli sama dirinya sendiri dan merasakan bahagia bukan merasa terbebani. Tapi selain dari itu mereka partner hiking yang baik. Buat adver kalo mau ajak mereka jalan juga boleh tapi mohon kasih gratis yak… hahaha (bercanda ya guys..)

Mereka nunggu kita berdua di pos-3, pada akhirnya kita kembali bersama-sama. Tiap pos kita berhenti kurang lebih 15 menit cuma numpang istirahat, minum, photo-photo dan kalo ada cemilan kita abisin meskipun cuma sebungkus mie instant di remuk dinikmatin bareng-bareng.

Saat turun gue adalah paling terakhir dari ber lima, sekali lagi karena sepatu gue. Jari kuku gue sakit karena panjang belum di potong. Paha gue keram tiba-tiba, mungkin terlalu kuat nahan langkah kaki takut kepeleset. Aghhh… tapi gue ga boleh ngeluh, karena pastinya kaki ocit lebih sakit dari gue. Walaupun gue harus ditinggalin yang lain, karena kondisi track waktu itu ramai banget sampai ngantri, dan gue juga harus paham kondisi kaki gue. Gue pelan-pelan setidaknya gue harus hati-hati supaya sampai ke bawah dengan selamat.

Di pinggir jalur ternyata Ocit & Okta nungguin gue. Nada Ocit tinggi karena gue kelamaan. bukannya terima kasih udah ditungguin, gue pun juga emosi. hehehe (maap ya cit!). Istirahat gue kebanyakan, soalnya jari-jari kuku gue sakit dan paha gue keram. Ga ada alasan buat gue ngeluhkan??? ya udah lupain ya soal gue ngambek… hahaha

Finish… kita udah sampe basecamp saatnya makan mie 2 mangkok, laper sangat guys setelah itu mandi solat dan tidur….

18 Desember 2019

Pukul 05.30 pagi, langitnya masih sama indahnya saat pertama kali sampai di basecamp ini, Maap gue ga bisa boong kalo gue asli takut dingin alhasil gue cuma gosok gigi, cuci muka dan wudlu buat solat subuh yang kesiangan. Jangam di tiru ya guys, solat itu baiknya tepat waktu 😁😁.

Setelah itu kita persingkat cerita ini, kita packing trus kuy back home in jakarta…

Kita cari bus on the spot di terminal boyolali, pilah pilah Po. bus dan kita naik tapi lupa namanya Rp.150.000,-/orang. kali ini kita ber-5 tidak terpisahkan. Sumpah busnya muterin jakarta pada akhirnya jam 12 mlm baru sampe di terminal rambutan, seharusnya kalo tanpa muterin jakarta kita udah nyampe jam 10 malem. Semua penumpang yang turun di kampung rambutan gerutu termasuk kita, okta dan satria juga diturunin di terminal kalideres yang seharusnya di terminal tangerang.

Lalu gue naik angkot biru 112 turun di halte gongseng, sedangkan ocit dan ichal naik mobil biru 37 entah turun dimana?hehehe setelaj itu gue naik ojek sampai rumah. Selamat tidur semuanya.

Banyak hal yang terjadi diluar ekspetasi, tapi disitulah seni dari sebuah perjalanan.

Bisa jalan bareng sama temen yang asik dan baik, alhamdulillah.

Dapet temen baru di tengah perjalanan itu bonus.

Dapet view dan selamat dalam perjalanan hingga kembali pulang, itu yang di harapkan.

Begitulah cerita perjalanan gue dan temen2 gue ke Mt. Merbabu. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi pelajaran untuk kalian yang akan mendaki kesini. Tulisan ini mungkin jauh dari menginpirasi kalian. Tapi gue berterima kasih kalian udah mampir ke blog gue ini. Mohon maap jika ada kata-kata yang salah dan menyinggung, penulis disini bertujuan hanya sharing dan mengabadikan moment dalam bentuk tulisan.

Buat yang ngajak trip bareng boleh coment di bawah juga, atau cuma mau sharing pengalaman pendakian boleh juga lewat email gue yang ada di contact.

Tak kenal maka tak sayang, jadi yuk kenalan!!

Dimanapun anda berada, kemanapun anda pergi jangan lupa untuk tidak buang sampah sembarangan, stop vandalisme, dan jaga sikap dan tutur kata dengan orang lain. Jangan tinggalkan apa pun selain jejak kaki, jangan apapun selain gambar… Semoga kita bertemu di perjalanan berikutnya…

Dan gue akan share pengeluaran gue selama Pendakian, Ga mahal kalo ga banyak jajan kok, check it out :

Pengeluaran Jakarta – Mt. Merbabu
1 Transport
– Rumah – Gongseng (Angkot 09) :                         4.000
– Gongseng – Pal (Angkot 37) :                         5.000
– Pal Depok – Term. Boyolali (Bus) :                     130.000
– Term. Boyolali – Base Camp (Mobil Bak) :                       25.000
Jumlah Transport Berangkat                    164.000
– Base Camp – Term. Boyolali (Mobil Bak) :                       25.000
– Term. Boyolali – Kamp. Rambutan (Bus) :                     150.000
– Kamp. Rambutan – Gongseng (Angkot 112) :                         5.000
– Gongseng – Rumah (Ojek) :                       15.000
Jumlah Transport Pulang                    195.000
2 Simaksi MT. Merbabu                      20.000
3 Patungan Logistic                      50.000
4 Biaya Makan                    100.000
5 Sewa Headlamp                      30.000
6 Jajanan gue pribadi                   250.000
Total Biaya yang gue keluarkan                    809.000

Jajanan gue yang kebanyakan, jangan di tiru… hehehe

Peserta Pendakian :
1 Fitri (@v3_bbeh)
2 Ocid (@rocidnurarif22)
3 Ichal (@iechal12)
4 Okta (@kataokta_)
5 Satria (@satriaapofficial_)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.