Ranu Tompe

Penemuan Danau Perawan “Ranu Tompe” di lereng Semeru dirahasiakan
Kamis, 31 Oktober 2013 18:14 WIB
M Amunudin – detikNews

sumber: google earth
Malang – Danau atau Ranu Tompe telah ditemukan. Lokasinya cukup misterius dan sementara ini sengaja tidak dipublikasikan untuk umum. Danau di lereng Gunung Semeru ini diyakini menyimpan kekayaan hayati yang luar biasa, termasuk lokasi bersarang Macan Tutul.Keberadaan danau yang masih perawan itu awalnya diketahui dari keterangan masyarakat yang diperkuat dari foto citra satelit.Untuk membuktikan itu, Tim Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) melakukan ekspedisi khusus pada pada 4-13 Oktober 2013.

“Kita lakukan ekspedisi secara langsung,” kata KepalaBB TNBTS Ayu Dewi Utari kepada detikcom di kantornya, Kamis (31/10/2013).

Ayu mengungkapkan, tak satupun pernah berkunjung langsung ke lokasi, sebelum ekspedisi dilakukan. Berbeda dengan keberadaan danau lainnya, seperti Ranu Kumbolo ataupun Ranu Pane sudah terakses khalayak.

“Dengarnya sudah lama, tapi kita baru membuktikan ke sana secara langsung,” ucap wanita berjilbab ini.

Ia sendiri enggan menyebutkan, secara detil koordinat lokasi danau tersebut. Alasannya demi perlindungan, karenan masuk zona inti dari taman nasional.

“Ranu Tompe masuk zona inti, dan ada perlindungan untuk it, kecuali kepentingan dari Kementrian Kehutanan. Karenanya kita merahasiakan lokasinya, yang jelas berada di kawasan Semeru,” tegasnya.Sedikit Utari membocorkan, danau itu memiliki luas sekitar 0,7 hektare, yang merupakan embung tak memiliki aliran keluar-masuk air. Ditambah lagi, wilayah danau itu menyimpan keanekaragaman hayati yang belum pernah dijumpai di tempat lain.”Seperti capung, flora dan fauna lainnya. Identifikasi secara detil belum kita lakukan, yang jelas jumlahnya lebih dari 50 jenis,” bebernya.

Dia menjelaskan, kawasan Ranu Tompe sebelumnya seolah tertutup hingga sulit diketahui secara detil dalam foto satelit. Dan juga lokasinya cukup jauh dari ranu atau danau lain.

“Dulu tertutup pepohonan, danau ini menyimpan rembesan air dari atas, tak memiliki in-out sumber air secara langsung,” jelasnya.

Informasi yang dihimpun detikcom, Ranu Tompe secara geografi berada di wilayah kerja Resor Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Seroja, Kabupaten Lumajang.

Ranu Tompe yang konon lokasinya berada 1.774 meter dari permukaan laut ini berbeda dengan Ranu Pani, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo yang sudah banyak dibanjiri pendaki atau petualang.

Penulusuran di Google Earth juga menjumpai telah ada yang memberi zona lokasi keberadaan Ranu Tompe. Namun keakuratannya masih belum bisa dikonfirmasikan.

_____________________________________________________
Desember, Ranu Tompe di Semeru akan dilaporkan ke mentri Kehutanan

Kamis, 31 Oktober 2013 18:38 WIB
M Aminuddin – detikNews

Malang – Keperawanan Ranu Tompe masih disimpan rapat. Penemuan danau di lereng Gunung Semeru ini akan ‘diumumkan’ pada Desember 2013.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Ayu Dewi Utari menyatakan hasil dari ekspedisi pencarian Ranu Tompe pada 2-11 Oktober 2013 akan disampaikan langsung kepada Menteri Kehutanan saat acara di Ranu Pane, danau yang lain.

“Desember, akan kita sampaikan kepada bapak menteri secara detil Ranu Tompe ini. Makanya saat ini kita belum bisa menyampaikan kepada publik secara visual,” terang Ayu kepada detikcom, Kamis (31/10/2013).

Jadi dia mengaku sengaja tidak membocorkan lokasi pasti atau koordinat demi keamanan habitat di Ranu Tompe tersebut.

Sedikit Utari membocorkan. Danau itu memiliki luas sekitar 0,7 hektare, yang merupakan embung tak memiliki aliran keluar-masuk air. Ditambah lagi, wilayah danau itu menyimpan keanekaragaman hayati yang belum pernah dijumpai di tempat lain.

“Seperti capung, flora dan fauna lainnya. Identifikasi secara detil belum kita lakukan, yang jelas jumlahnya lebih dari 50 jenis,” bebernya.

Dia menjelaskan, kawasan Ranu Tompe sebelumnya seolah tertutup hingga sulit diketahui secara detil dalam foto satelit. Dan juga lokasinya cukup jauh dari ranu atau danau-danau yang lain.

_____________________________________________________

Ranu Tompe sudah ditemukan, Danau Ranu Kuning di Semeru masih Misterius

Jumat, 01 November 2013 00:50 WIB
M Aminudin – detikNews

Ranu Darungan/ilustrasi

Malang – Kawasan Gunung Semeru memang banyak memiliki danau atau yang biasa disebut ranu. Yang paling gres, adalah Ranu Tompe karena baru ditemukan. Namun sebenarnya masih ada satu lagi, yaitu Ranu Kuning.

Selama ini, pendaki atau petualang lebih akrab dengan Ranu Pane dan Ranu Kumbolo untuk berkemping. Aksesnya dua danau itu memang mudah dijangkau.

Nah, khusus Ranu Kuning ini pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) belum membuktikan langsung. Ekspedisi pencarian baru hanya ke Ranu Tompe.

“Ranu Kuning belum. Sementara kita hanya tahu dari foto satelit saja. Seperti Ranu Tompe beberapa waktu lalu kita ekspedisi,” terang Kepala BB TNBTS Ayu Dewi Utari berbincang dengan detikcom di kantornya, Kamis (31/10/2013).

Seperti Ranu Tompe, kata Ayu, Ranu Kuning keberadaannya sangat jauh. Meski tetap berada di kawasan Gunung Semeru namun akses menuju lokasi membutuhkan waktu dan perjuangan.

“Kalau Ranu Tompe saja bisa sampai 3 hari,” katanya.

Menurut dia, lokasi kedua ranu itu memang tidak berada di jalur pendakian. Sehingga keberadaannya sangat minim diketahui.

“Ranu Kuning tak berbeda jauh dengan Ranu Tompe masuk di zona inti,” tuturnya.

Ayu menambahkan, jarak ranu satu dengan yang lain terpaut cukup jauh. Artinya keberadaan danau itu tidak dalam satu jalur. “Karena zona inti, tak kami ekspos lokasi detilnya,” imbuh Ayu. Kerahasiaan lokasi tersebut demi melindungi habitat yang ada di lokasi ranu tersebut, tambahnya.

_____________________________________________________

Sumber : http://www.News.detik.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s