3 Pria 1 Wanita Jelajah Green Canyon (1)

3 Pria 1 Wanita Jelajah Green Canyon (1)

11 Februari  lalu kami berempat, gue, Fahri, Reza dan Damar backpacker-an ke Pangandaran, Jawa Barat dengan modal nekat dan catatan blog orang dengan uang 400rb selama  dua hari . Awalnya saya ngajak anak-anak sekelas, karena “siklus alam” tinggal empat orang yang fix ikutan.. tsaaah.. hehehe.

Meeting pointnya di rumah Damar di Pamulang jam 4 sore. Jam dua siang gue udah meluncur. Karena belum tahu rumah Damar, dijemputlah gue sama Reza di Seskoal Cileduk. Setelah bertemu semuanya jam setengah 6 sore kami berangkat ke terminal Kampung Rambutan. Cuaca saat itu hujan deras disertai petir ganas. Namun tekat kami sudah bulat, apapun yang terjadi, the show must go on!!

Sampai juga kami di Kampung Rambutan. Waktu menunjukkan sekitar jam setengah 7 malem. Bus ke Pangandaran baru dateng jam 8 malam. Mengurangi kejenuhan,  ya sudah kami berfoto ria dulu deh.hehehe. Tiket bus AC jurusan Pangandaran dibanderol dengan harga Rp.60.000.

Jam 4 pagi, setelah menempuh perjalanan panjang akhirnya kami tiba di Terminal Pangandaran. Keadaan terminal masih gelap gulita. Hanya ada beberapa tukang becak yang kemudian menghampiri kami dengan logat Sundanya. Disinilah fungsi Reza dan Fahri mereka berdua deh yang ngobrol sama tuh amang-amang.

Kami ditawari abang becak penginapan hotel atau losmen? Berhubung kami ingin dapat murah, kami semua serempak bilang LOSMEN!! Harga sewa losmen Rp.200.000 per  dua hari satu malam dengan fasilitas kamar mandi, televisi, kipas angin, dan dispenser. Itu cukup buat kami berteduh, taruh barang-barang, dan istirahat.

Tiba di losmen sekitar pukul setengah 6 pagi, taruh barang-barang, lalu kami langsung cari sunrise di pantai Pangandaran dan mengelilingi pantai itu sambil merencanakan plan selanjutnya mau kemana. Rencananya, kalau cerah kami ke Green Canyon, kalau hujan kami akan ke pantai pasir putih yang berada di sebrang pantai pangandaran ini.

Kaki total pegal (yaiyalah baru sampe langsung keliling.) hahaha. Setelah berkeliling di sepanjang garis, kami balik ke losmen. Mandi, makan dan istirahat sejenak. kami beli sarapan di area losmen karena banyak ibu-ibu yang jualan hingga ke losmen-losmen. Kami beli nasi kuning plus gorengan Cuma 2000 perak, ya 2000 perak gue ulangi! Kenyang, leyeh-leyeh sambil nonton kartun dan 1… 2.. 3.. semuanya pun terlelap tidur.

Jam menunjukan pukul 9 pagi, yang bangun duluan ngebangunin yang lainnya buat siap-siap ke tempat berikutnya..

Demi pengiritan, kami jalan kaki menuju terminal Pangandaran yang kira-kira jaraknya satu kilometer dari losmen. Sekali jalan dari losmen ke Green Canyon bisa menghabiskan uang sebesar Rp.25.000 (becak dr losmen ke terminal Pangandaran, angkutan umum ke terminal Green Canyon, ojek dari terminal Green Canyon ke tempat wisata Green Canyon).

Akhirnya, sampai juga di teminal pangandaran dengan keringat haus dan cape. Kami lalu naik angkot menuju terminal Green Canyon sekitar 11 km atau dengan waktu tempuh setengah jam. Bayar angkot Rp.5000 per orang.

Sampai lah kami di terminal Green Canyon. Gue, Fahri, Reza dan Damar mengira Green Canyon sudah tak jauh lagi, abis di terminal udah ada kata-kata GREEN CANYON. Nggak taunya masih jauuuuuuuuh!!

Kami harus naik ojek untuk sampai di lokasi Green Canyon. Dengan negosisasi alot akhirnya dapet juga harga nego Rp 5000/ojek. alhamdulillaaah !!